Jumat, 19 Juli 2013

Hakikat Pemerolehan Bahasa Anak

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Anak – anak belajar berkomunikasi dengan orang lain lewat berbagai cara. Meskipun cara anak yang satu dengan yang lain berbeda, ada hal – hal yang umum terjadi pada hampir setiap anak. Pengetahuan tentang hakikat perkembangan bahasa anak, perkembangan bahasa lisan dan tulis yang terjadi pada mereka, dan perbedaan individual dalam pemerolehan bahasa sangat penting bagi pelaksanaan pembelajaran bahasa anak, khususnya pada waktu mereka belajar membaca dan menulis permulaan. Itulah sebabnya calon guru sekolah dasar perlu menguasai berbagai konsep yang terkait dengan perkembangan dan pemerolehan bahasa anak.

B.       Rumusan Masalah
Apakah  hakikat pemerolehan bahasa anak?
Apa saja ragam pemerolehan bahsa anak?
Bagaimana strategi pemerolehan bahasa anak?
Apakah hakikat perkembangan bahasa anak?
Apa saja tahap – tahap perkembangan bahasa anak?

Contoh TPK

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial.
Kelas/Semester          : V/I
Materi                         : Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia.
Tujuan Pembelajaran Khusus.
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis usaha perekonomian, siswa dapat menyebutkan 5 jenis usaha perekonomian masyarakat kepada teman sekelasnya
Penjabaran
Audience                     : Siswa
Behaviour                    : Menyebutkan.
Condition                    : Mendengarkan
Degree                         : 5 Jenis usaha perekonomian masyarakat
Pokok Bahasan           : Jenis-jenis usaha perekonomian
Tolak ukur                   :  Kepada teman sekelasnya           

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran “Macam-Macam Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia” Kelas V Semester Ii

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI                                     : SD N Wangandawa 01
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
 Pokok Bahasan                     : Macam-macam Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia.
 Kelas/Semester                      : V/1
  Alokasi Waktu                       : 12 Jam (4 X Pertemuan)

A.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

Pembelajaran Materi IPS “Cara-Cara Menghadapi Bencana Alam” Kelas VI Semester 2 Dengan Menggunakan Metode Inkuiri

Prosedur Pemakaian Metode Inquiry

Di dalam melaksanakan metode inquiry dibagi atas 6 langkah :
      Langkah 1 Memperkenalkan Masalah.
            Dalam tahap ini, guru memberikan informasi yang cukup kepada peserta didik tentang pokok permasalahan yang diberikan untuk membangkitkan rasa ingin tahu nya tentang materi yang akan disampaikan.
            Guru menjelaskan ciri-ciri terjadinya suatu bencana alam baik gempa bumi, tsunami, gunung berapi, tanah longsor, banjir, angin topan, dan kebakaran hutan. Kemudian guru memberikan permasalahan kepada para peserta didik untuk dipecahkan. Permasalahan itu sebagai berikut :
“ Mengapa mengantisipasi bencana alam sejak dini itu sangat penting ?”

5 KATA DENOTASI, KONOTASI DAN SINONIM

  1. KATA DENOTASI DAN KONOTASI
1.      Hancur
Denotasi
Mainan Nafila hancur terinjak mobil.
Konotasi
Hatiku hancur ketika melihat engkau berjalan berdua bersama gadis berkerudung ungu itu.
(hancur= patah hati ).
2.      Naik
Denotasi
Pak Halim pergi ke Makassar naik mobil pribadi. ( Naik= menggunakan)
Konotasi
Naik turunnya harga barang sangat dipengaruhi oleh jumlah permintaan konsumen. ( Naik turunnya= Mahal murahnya)
3.      Tumbuh 
Denotasi
Pohon jambu yang tumbuh di halaman rumah Pak deni memiliki buah yang besar-besar.
Konotasi
Kondisi perekonomian Indonesia mulai tumbuh sejak beralihnya sistem pemerintahan ke era reformasi.
(Tumbuh = berkembang)