Jumat, 19 Juli 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran “Macam-Macam Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia” Kelas V Semester Ii

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI                                     : SD N Wangandawa 01
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
 Pokok Bahasan                     : Macam-macam Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia.
 Kelas/Semester                      : V/1
  Alokasi Waktu                       : 12 Jam (4 X Pertemuan)

A.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

B.     KOMPETENSI DASAR               
1.5  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.

C.    INDIKATOR                                  
1.5.1        Menyebutkan jenis-jenis usaha dalam masyarakat.
1.5.2        Memberikan contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok.
1.5.3        Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di Indonesia.
1.5.4        Memberi contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha.
1.5.5        Membuat laporan hasil kunjungan ke salah satu produsen.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Setelah mengamati gambar  tentang jenis-jenis usaha perekonomian, siswa dapat menyebutkan 4 jenis usaha perekonomian masyarakat kepada teman sekelasnya.
2.        Melalui diskusi tentang  jenis-jenis usaha perekonomian, siswa dapat menjelaskan jenis usaha perekonomian masyarakat kepada teman sekelompoknya.
3.        Setelah mengamati gambar-gambar tentang kegiatan ekonomi, siswa dapat menjelaskan 3 jenis kegiatan ekonomi beserta contohnya kepada teman sekelasnya.
4.        Setelah guru menjelaskan secara details jenis-jenis kegiatan ekonomi, siswa dapat mensimulasikan kegiatan ekonomi seperti produksi dan konsumsi kepada teman sekelasnya          
5.        Melalui diskusi tentang jenis-jenis pengelolaan usaha, siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis usaha yang dikelola perseorangan dengan jenis usaha yang dikelola kelompok kepada teman diskusinya
6.        Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis badan usaha, siswa dapat menyebutkan 3 jenis-jenis badan usaha kepada teman sekelasnya.
7.        Setelah melakukan karya wisata ke sebuah pabrik, siswa dapat melakukan pengamatan dan wawancara tentang bahan mentah, cara mengelola dan pemasaran barang produksi  secara berkelompok

E.       MATERI PEMBELAJARAN
1.      Jenis-jenis usaha perekonomian
2.      Jenis-jenis  kegiatan ekonomi
3.      Jenis-jenis pengelolaan usaha
4.      Jenis-jenis badan usaha.

F.       METODE
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Observasi/Pengamatan
4.      Simulasi
5.      Karya Wisata.


G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan pertama.
a.      Kegiatan Awal.
1.      Guru memberikan salam dan ketua kelas menyiapkan untuk berdoa.
2.      Guru mengabsen kehadiran siswa.
3.      Apersepsi.

b.      Kegiatan inti
Kegiatan Eksplorasi
1.    Guru menjelaskan secara singkat  materi yang akan disampaikan yaitu tentang jenis-jenis usaha perekonomian
Kegiatan Elaborasi
2.    Guru memberikan media gambar tentang macam-macam usaha kepada siswa.
3.    Siswa melakukan tanya jawab tentang gambar tersebut.
4.    Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok untuk mendiskusikan materi tentang jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi.
5.    Siswa memaparkan hasil diskusi.
6.    Siswa melakukan tanya jawab tentang hasil diskusi
     Kegiatan Konfirmasi
7.    Guru meluruskan kesalahpahamaan tetang materi jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi
8.    Guru meminta siswa untuk membuat peta konsep tentang materi ini.

c.       Kegiatan Penutup
1.    Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan.
2.    Guru melakukan evaluasi dengan memberikan pekerjaan rumah


2.Pertemuan kedua
a.  Kegiatan Awal.
1.      Guru memberikan salam dan ketua kelas menyiapkan untuk berdoa.
2.      Guru mengabsen kehadiran siswa.
3.      Apersepsi.

b.      Kegiatan inti
Kegiatan Eksplorasi
1.    Guru menjelaskan materi  secara singkat tentang kegiatan ekonomi kepada siswanya.
Kegiatan Elaborasi.
2.    Guru meminta siswa untuk menjelaskan 3 jenis kegiatan ekonomi beserta contohnya kepada teman sekelasnya setelah mengamati gambar-gambar kegiatan ekonomi
3.    Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 anak
4.    Guru meminta semua kelompok  untuk mensimulasikan kegiatan ekonomi .
5.    Siswa melakukan tanya jawab tentang materi kegiatan ekonomi.
Kegiatan Konfirmasi
6.    Guru meluruskan kesalahpahamaan tetang materi jenis kegiatan ekonomi.

7.      Kegiatan Penutup
1.    Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan.
2.    Guru melakukan evaluasi dengan memberikan pekerjaan rumah.





3.    Pertemuan Ketiga.
a.      Kegiatan Awal.
1.      Guru memberikan salam dan ketua kelas menyiapkan untuk berdoa.
2.      Guru mengabsen kehadiran siswa.
3.      Apersepsi

b.      Kegiatan inti
Kegiatan Eksplorasi
1.    Guru menjelaskan materi  secara singkat tentang Jenis-jenis pengelolaan usaha kepada siswanya.
Kegiatan Elaborasi
2.    Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 anak
3.    Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jenis-jenis pengelolaan usaha dan perbedaan jenis usaha yang dikelola perseorangan dengan jenis usaha yang dikelola kelompok.
4.    Guru meminta perwakilan kelompok untuk memaparkan hasil diskusi kelompok.
5.    Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai materi.
Kegiatan Konfirmasi
6.    Guru meluruskan kesalahpahamaan tetang materi jenis-jenis pengelolaan usaha.
7.    Guru meminta siswa untuk membuat peta konsep tentang materi ini.

c.       Kegiatan Penutup
1.      Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan.
2.      Guru melakukan evaluasi dengan memberikan pekerjaan rumah.



4.       Pertemuan keempat.
a.      Kegiatan Awal.
1.      Guru memberikan salam
2.      Guru mengabsen kehadiran siswa.
3.      Apersepsi

b.      Kegiatan inti
Kegiatan Eksplorasi
1.    Guru menjelaskan secara singkat materi dalam satu bab
Kegiatan Elaborasi
2.    Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 anak
3.    Guru meminta setiap kelompok untuk melakukan kunjungan ke sebuah perusahaan untuk melakukan pengamatan.
4.    Siswa diminta untuk melakukan wawancara dengan karyawan perusahaan atau pemilik perusahaan.
5.    Siswa diminta untuk mengamati proses produksi berlangsung hingga menjadi barang jadi.
6.    Siswa diminta untuk membuat laporan hasil kunjungan.  
Kegiatan Konfirmasi
7.    Guru melakukan Penilaian.
8.    Refleksi : Mengungkap kesan tentang kunjungan ke produsen.

c.       Kegiatan Penutup
1.    Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan.
2.    Guru melakukan evaluasi dengan memberikan pekerjaan rumah.






H.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR.
a.       Silabus kelas V.
b.      Buku BSE EndangSusilaningsih kelas V.
c.       Gambar-gambar kegiatan ekonomi.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur                     : Pretest/postes, Lisan/tertulis.
2.      Jenis Penilaian
a.       Penilaian Proses   : Pengamatan guru, diskusi.
b.      Penilaian hasil      : Tes Formatif.
3.      Bentuk Tes                 : Essay
4.      Alat Tes                      : Soal-soal.
.




                                                                                    Tegal , ........................

            Mengetahui
Kepala SD/MI                                                 Guru Kelas




.............................                                                       ............................        NIP............................                                     NIP ............................





LAMPIRAN 1
MATERI AJAR
            Untuk mencukupi kebutuhan hidup, manusia harus bekerja. Ada bermacam-macam pekerjaan, misalnya bertani, menangkap ikan, sopirguru, menjual makanan, menjadi pengacara, dan lain-lain. Semua kegiatan yang dilakukan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup ini disebut kegiatan ekonomi.
            Ada tiga bentuk kegiatan ekonomi, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa. Distrisbusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke pemakai atau konsumen. Sedangkan konsumsi adalah kegiatan memanfaatkan barang dan jasa.
            Tanah air kita sangat luas dan kaya. Banyak potensi alam untuk membuka usaha. Ada bermacam-macam bidang usaha, antara lain dalam bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, pertambangan, perindustrian, perdagangan, dan pariwisata.
            Usaha pertanian menghasilkan padi, jagung, kedelai, ubi, dan sayursayuran dan hasil tanaman perkebunan. Hasil usaha pertanian dapat ditingkatkan dengan cara intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, dan rehabilitasi. Tanaman perkebunan dibedakan menjadi dua, yaitu tanaman perkebunan musiman dan tahunan.
            Usaha peternakan dibedakan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar, hewan kecil, dan unggas. Usaha peternakan banyak dilakukan di Nusa Tenggara, Jawa, dan Sumatera. Usaha perikanan dibedakan menjadi dua, yaitu perikanan darat dan perikanan air laut.
            Hutan menghasilkan berbagai jenis kayu dan rotan. Usaha-usaha yang memanfaatkan hasil hutan antara lain usaha pengolahan kayu, usaha pembuatan mebel, dan usaha kerajinan rotan.
            Ada tiga jenis hasil pertambangan yaitu bahan tambang mineral logam, mineral bukan logam, dan sumber energi. Hasil-hasil tambang bisa diolah lebih lanjut untuk berbagai keperluan manusia.

            Negara kita juga memiliki banyak objek wisata. Usaha dalam bidang pariswisata antara lain perhotelan dan jasa perjalanan wisata.

LAMPIRAN 7
PEKERJAAN RUMAH (Pertemuan Keempat)

  1. Jelaskan apa yang dimaksud usaha meningkatan hasil pertanian dengan cara intensifikasi!
  2. Sebutkan lima jenis tanaman hasil perkebunan Indonesia!
  3. Sebutkan empat macam usaha ekonomi yang dikelola sendiri!
  4. Sebutkan lima bentuk kegiatan ekonomi yang terdapat di sekitar tempat tinggal kalian!
  5. Apa saja fungsi hutan?
  6. Jelaskan apa itu Perseroan Terbatas (PT)!
  7. Sebutkan dan jelaskan lima bentuk koperasi!







                                                                           




:














1 komentar:

  1. ASSALAMUALLAIKUM,, Izin melihat untuk bahan refrensi yah ,, mksh

    BalasHapus